Beranda | Artikel
Hadits Tentang Kesempurnaan Islam - Prinsip Dasar Islam (Ustadz Fachrudin Numan, Lc.)
Selasa, 3 April 2018

Bersama Pemateri :
Ustadz Fachrudin Nu`man

Hadits Tentang Kesempurnaan Islam merupakan kajian Islam yang disampaikan oleh: Ustadz Fachrudin Nu’man, Lc. dalam pembahasan Kitab Prinsip Dasar Islam karya Ustadz Yazid bin Abdul Qadir Jawas hafidzahullahu ta’ala. Kajian ini disampaikan pada 18 Jumadil akhir 1439 H / 06 Maret 2018 M.

Download juga kajian sebelumnya: Setiap Bid’ah Adalah Kesesatan – Prinsip Dasar Islam (Ustadz Fachrudin Nu’man, Lc.)

Ceramah Agama Islam Tentang Hadits Tentang Kesempurnaan Islam – Prinsip Dasar Islam

Islam adalah agama yang sempurna. Tidak ada satu titik kebaikanpun kecuali telah Rasulullah shallallahu ‘alaihi wa sallam ajarkan dan contohkan kepada kita.

Hadits Pertama:

عَنْ أَبِى ذَرٍّ رَضِيَ اللهُ عَنْهُ قَالَ: تَرَكَنَا رَسُوْلُ اللهِ صَلَّى اللهُ عَلَيْهِ وَسَلَّمَ وَمَا طَائِرٌ يُقَلِّبُ جَنَاحَيْهِ فِي الْهَوَاءِ إِلاَّ وَهُوَ يَذْكُرُنَا مِنْهُ عِلْمًا. قَالَ: فَقَالَ صَلَّى اللهُ عَلَيْهِ وَسَلَّمَ : مَا بَقِيَ شَيْءٌ يُقَرِّبُ مِنَ الْجَنَّةِ وَيُبَاعِدُ مِنَ النَّارِ إِلاَّ وَ قَدْ بُيِّنَ لَكُمْ.

Dari Shahabat Abu Dzarr Radhiyallahu anhu, ia berkata, “Rasulullah shallallahu ‘alaihi wa sallam telah pergi meninggalkan kami (wafat), dan tidaklah seekor burung yang terbang membalik-balikkan kedua sayapnya di udara melainkan beliau shallallahu ‘alaihi wa sallam telah menerangkan ilmunya kepada kami.”

Berkata Abu Dzarr Radhiyallahu anhu, “Rasulullah shallallahu ‘alaihi wa sallam telah bersabda, “Tidaklah tertinggal sesuatu pun yang mendekatkan ke Surga dan menjauhkan dari Neraka melainkan telah dijelaskan semuanya kepada kalian.”

Hadits Kedua:

عَنْ أَبِى ذَرٍّ رَضِيَ اللهُ عَنْهُ قَالَ: تَرَكَنَا رَسُولُ اللهِ صَلَّى اللهُ عَلَيْهِ وَسَلَّمَ وَمَا طَائِرٌ يَطِيْرُ بِجَنَاحَيْهِ إِلاَّ عِنْدَنَا مِنْهُ عِلْمٌ

Dari Abu Dzarr Radhiyallahu anhu, beliau berkata, “Rasulullah shallallahu ‘alaihi wa sallam telah pergi meninggalkan kami (wafat) dan tidaklah seekor burung pun yang terbang dengan kedua sayapnya melainkan kami memiliki ilmunya.”

Hadits-hadits yang telah disebutkan meskipun redaksinya berbeda, namun hadits-hadits itu menyebutkan satu perihal. Yaitu tentang bagaimana Nabi shallallahu ‘alaihi wa sallam telah menjelaskan seluruh perkara. Bahkan urusan burung, tidaklah ada burung yang berkicau, berjalan atau terbang kecuali telah Nabi shallallahu ‘alaihi wa sallam sebutkan ilmunya.

Simak Penjelasan Lengkap dan Download MP3 Ceramah Agama tentang Hadits Tentang Kesempurnaan Islam – Prinsip Dasar Islam


Artikel asli: https://www.radiorodja.com/30593-hadits-tentang-kesempurnaan-islam-prinsip-dasar-islam-ustadz-fachrudin-numan-lc/